Pama Perwira Pertama POLRI

Pama adalah singkatan dari Perwira Pertama POLRI, Perwira Pertama Polri adalah kelompok pangkat dalam kepolisian, satu tingkat di bawah kelompok perwira menengah dan satu tingkat di atas kelompok bintara tinggi "Definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia". Pangkat dalam Perwira Pertama POLRI terbagi menjadi 3 golongan yaitu :

  • Ajun Komisaris Polisi (AKP)
  • Inspektur Polisi Satu (Iptu)
  • Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Perwira Sebagai Seorang Pemimpin

Perwira dalam pangkat dan jabatan apapun adalah seorang pemimpin, seorang perwira POLRI memiliki kewajiban dan tangungjawab untuk selalu mampu mengendalikan diri dan menegakkan disiplin di satuannya sekaligus menjadi contoh teladan bagi anak buahnya. Disiplin satuan selalu dinamis, dipengaruhi faktor moril dan mental seorang perwira polisi secara keseluruhan. Oleh karenan itu disiplin harus dibiasakan secara terus menerus oleh setiap Perwira Polisi. Perwira sebagai manager” harus mampu menciptakan kondisi yang kondusif,  sehingga anak buahnya “bintara dan tamtama” dapat menunjukan kinerja yang baik.

Ketauladanan seorang perwira adalah panutan dan contoh bagi anak buah minimal dalam tiga hal :
  • Mental kepribadian dan kedisiplinan
  • Ketrampilan & pengetahuan
  • Kesamaptaan jasmaninya
Khusus dalam hal mental kepribadian dan disiplin, maka bagi perwira diwajibkan untuk melaksanakannya lebih dulu agar dapat menjadi contoh bagi anak buah. Tidak akan pernah terwujud disiplin satuan, apabila para perwira di satuan tersebut tidak bisa menunjukkan suri tauladan yang baik, Seorang perwira POLRI tidak bisa menuntut anak buah untuk berdisiplin bila sebagai perwira belum menjalankannya. Hal terpenting dalam mewujudkan kedisiplinan satuan adalah ketauladanan dan pengawasan.

Bagaimana Menjadi Seorang Perwira Pertama POLRI

Bila saat ini anda bukan seorang anggota POLRI, maka untuk menjadi seorang perwira POLRI hanya ada satu jalur yaitu Akademi Kepolisian (AKPOL) di Semarang Jawa Tengah. Masapendidikan AKPOL kurang lebih 3,5 tahun, dengan gelar setara D3. Lulusan AKPOL akan mendapat pangkat IPDA selanjutnya akan ditempatkan di bidang Operasional atau Administrasi sesuai dengan kebutuhan organisasi, sebagai gambaran :
  • IPDA "Inspektur Polisi Dua" setara sama letnan dua TNI "baru lulus AKPOL atau Sekolah Calon Perwira)"
  • IPTU "Inspektur Satu Polisi" setara sama letnan satu TNI
  • AKP "Ajun Komisaris Polisi" setara dengan kapten TNI "Menjadi Kanit di POLRES atau KAPOLSEK"

Selamat Membaca Artikel Pama Perwira Pertama POLRI ^^
Artikel ini masih butuh informasi tambahan, mohon untuk memberikan komentar.

0 Response to "Pama Perwira Pertama POLRI"

Post a Comment