Golongan Pangkat Tamtama POLRI

Tamtama POLRI adalah prajurit kepolisian yang disiapkan sebagai pelaksana suatu tugas tertentu dalam kepolisian. Posisi ini menuntut seorang tamtama polisi menjadi prajurit yang paling siap untuk melaksanakan perintah atasan. Terampil, Mahir, Loyalitas tinggi, dan Profesionalisme menjadikan tamtama sebagai pelaksana tugas yang ulet dan pantang menyerah. Di negara lain tamtama disebut juga private. Tamtamalah yang mengawali urutan pangkat polisi dari yang terendah.


Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian Tamtama adalah tingkat kelompok pangkat paling rendah dalam ketentaraan dan kepolisian berada satu tingkat di bawah kelompok Pangkat Bintara. Pangkat dalam Tamtama POLRI terbagi menjadi enam golongan yaitu :
  • Ajun Brigadir Polisi (Abrip)
  • Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)
  • Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)
  • Bhayangkara Kepala (Baraka)
  • Bhayangkara Satu (Bharatu)
  • Bhayangkara Dua (Bharada)
Seleksi dalam kepolisian terbagi atas tiga jalur yaitu seleksi cata (Calon Tamtama Polisi) caba (Calon Bintara) dan Akpol (Calon Perwira) Mereka yang takut ketatnya persaingan ujian saringan masuk melalui jalur Akademi Kepolisian (Akpol) dan Bintara Polisi, biasanya lebih memilih jalur Tamtama POLRI sebagai jalur masuk menjadi jajaran anggota penegak hukum Polisi Republik Indonesia. Persaingan pada seleksi Tamtama tidak terlalu ketat, pendaftar seleksi jalur Tamtama juga tidak terlalu banyak.

Pada tahun 2015 Pendaftar Tamtama Kepolisian di wilayah Polda Metro Jaya tercatat hanya sebanyak  1.098 orang, jauh lebih sedikit ketimbang pendaftar Calon Bintara POLRI sebanyak 5.661 orang. Dalam seleksi Tamtama POLRI tidak ada tes Potensi Akademik, yang ada hanya tes Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) 1, tes Psikologi, Rikkes 2, dan Tes Kesehatan Jasmani.

Istilah terkait :
  • Cata : Calon Tamtama POLRI

Bonus Polwan Bergitar bukan Tamtama Polri
Artikel ini masih butuh informasi tambahan, mohon untuk memberikan komentar.

0 Response to "Golongan Pangkat Tamtama POLRI"

Post a Comment